Minggu, 15 Maret 2015

Apa Gunanya Kemenyan Sebesar Tungku Kalau Tidak Dibakar


     
    Pintar berhubungan erat dengan ilmu Pengetahuan. Penting bagi kita mempelajari sesuatu untuk mendapat ilmu pengetahuan tersebut. Banyak sekali manfaat akan ilmu pengetahuan. Namun apalah jadinya jika ilmu itu hanya dibuat seorang diri tanpa memerdulikan orang lain yang ingin belajar darinya.
  
    Dulu waktu SMP saya mempunyai 1 teman, namanya itu si B .dia  itu mempunyai sifat yang tidak bisa diajak kerja sama dalam mengerjakan tugas. Dia kalau sudah mendapatkan ilmu banyak tidak mau dibagi-bagikan ke teman yang lainnya. Dia sangat egois dalam hal ilmu pengetahuan.



     Pada suatu hari di sekolah SMP saya mengadakan ulangan akhir semester. Pada hari Rabu itu saya sedang ulangan pelajaran Matematika. Matematika itu sangat sulit bagi saya, karena saya tidak suka sama pelajaran hitung-hitungan. Saya mengerjakan yang mudah dulu dengan kemampuan saya, lalu saya tanyak ke teman belakang saya “bagaimana rumus nya itu?”.



    Kemudian teman saya yang belakang tidak ngasik rumus malahan ngasik jawaban, karena waktunya itu kurang 30 menit. Saya dikasik tau jawabannya cuman 6 soal, pekerjaan saya kurang 19 soal lagi. Otomatis saya tergesah-gesah banget dalam mengerjakan ulangan tersebut. Kemudian saya bertanya ke teman saya yang egois itu cuman 2 soal, teman saya yang egois itu menjawabnya dengan lama banget.





    Saya tidak sabar menunggu jawabannya dari si dia, Lalu saya mencari kertas kosong. Kertas kosong tadi saya tulis angka 15 sama 20, lalu saya lemparkan ke si dia . Dia malah marah- marah ke aku. Katanya aku ganggu pekerjaan nya padahal si dia itu kurang 1 nomer.



    Saya langsung bilang ke teman saya yang belakang, malahan dia nyuruh saya nyontek ulangannya. Saya terpaksa nyontek karena waktu nya mau habis, lalu ulangan saya kumpullin ke depan meja guru. Saya sadar bahwa ilmu pengetahuan atau kepandaian itu hendaknya dibagikan atau diajarkan ke orang lain, karena jika tidak begitu dapat hilang begitu saja. Semoga saja saya tidak mempunyai teman yang seperti itu sukanya tidak mau membagi-bagikan ilmu ke orang lain . Sekian dari saya terima kasih .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar