Minggu, 15 Maret 2015

Ujung (Hujung) Lurus, Pangkal Berkait.

   
    Setiap orang pasti mempunyai kesalahan, kita sendiri pun menyadari banyak kekurangan dan kesalahan dalam hidup kita. cuma kadang beberapa orang itu belum nyadar juga kalau hal yang dia lakuin jelas-jelas salah. apalagi kalau kesalahan tersebut menyangkut dengan kehidupa kita pasti bakalan risih kan? temanmu yang pernah salah pasti bakalan dimaafkan bila ia mengakui kesalahannya tersebut. tetapi buat mereka yang tak tau diri walaupun sudah pernah dimaafkan pasti bakalan melakukannya lagi.
  



     Dulu waktu SMP saya mempunyai 2 teman. Dia itu namanya Si M dan Si K. Pertama-tama dia itu sifatnya baik,ramah ke semua teman saya yang lain. Dia itu sudah menjadi sahabat saya sejak kelas 7 sampai kelas 9.


    Pada hari itu saya tidak masuk selama 2 hari, karena saya sakit saya tidak masuk hari senin dan selasa. Saya hari Rabu masuk sekolah, selama saya tidak masuk sahabat dua saya ini sikapnya sangat berubah ke saya. Saya langsung heran dan bertanya “kenapa kalian bersikap gitu ke saya”, kemudian saya langsung duduk dan berfikir kenapa sahabat saya sikapnya sangat berubah waktu saya habis tidak masuk. Tidak lama lagi saya dibilangin sama teman saya yang lain “kenapa sahabat kamu ini berubah 100%, karena sahabat kamu itu dipengaruhi oleh teman sahabat yang tidak suka kamu”.

    Saya langsung mencari siapa yang telah mempengaruhi sahabat saya. Tidak lama lagi saya bertemu sama si F, Dia ini yang telah mempengaruhi sahabat saya sampai mereka berdua benci sama saya. Saya langsung tidak lama melabrak anak itu, ternyata anak itu mempengaruhi sahabat saya supaya persahabatan aku sama mereka pecah. Saya langsung menjelaskan ke mereka kalau dia itu ingin merusak persahabatan kita yang terjalin lama.
  


    Tetapi mereka berdua tidak mau mendengarkan perjelasan saya, mereka langsung memutuskan untuk tidak bersahabatan lagi. Saya sudah menjelaskan tapi mereka gak mau, yaudah saya langsung bertanya ke teman saya lagi. Betul kan dugaan pikiran saya dengan teman saya bahwa sahabat saya yang si M itu dari dulu enggak suka sama saya. dia itu bersikap baik tetapi hati nya itu busu, dari dulu saya sudah berprasangka buruk ke dia bahwa dia tidak baik untuk ku.




    Saya memutuskan untuk tidak bersahabatan lagi sama mereka lagi, mendingan saya tidak mempunyai sahabat daripada didepan berbuat baik tetapi dibelakang saya berbuat jahat. Saya sadar bahwa sahabat itu bisa mempunyai sifat yang selicik, kita itu harus memilih teman atau sahabat yang benar-benar baik dan tidak suka membicarakan kejelakan sahabatnya dibelakang. Dari cerita itu ada peribahasa “Ujung (Hujung) Lurus, Pangkal Berkait” yang artinya Peribahasa Hujung lurus, pangkal berkait dapat anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan sebagai suatu perumpamaan yang mempunyai arti Orang yang terlihat baik dari luar akan tetapi memiliki hati yang jahat.  Sekian dari saya terima kasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar